Minggu, 25 Desember 2011

SENYUMAN KALIAN ADALAH KEBAHAGIAN KITA

Tugas Oh Tugas
Lagi asik-asik duduk dipinggiran kakus, gue keinget sama sesuatu yang itu bukan manusia, bukan juga wanita apalagi pria. Ya bener gue masih normal. Gue keinget sama Blog gue! 
Entahlah, gue nggak ngerti sama tugas-tugas kuliah. Yang seolah-olah doi pengen banget diperhatiin. Disuapin. Ditemenin. Digandeng. Melebihi yang namanya pacar ataupun gebetan tapi bukan mantan.

Gue tau, gue akhir-akhir ini terlalu setia sama macem-macem kegiatan gue dikampus. Diluar kampus, banyak tugas. Nongkrong di sogo kucing bukan cafe-cafe mewah. Bikin konsep ini itu. Gue lupa sama aktivitas gue didunia maya. Bisa di bilang gue setia tapi kurang adil berbagi sama semua kegiataan gue. Mudah-mudahan kedepannya bisa tetep setia dan coba buat adil.

Melekin mata. Jalan ke arah dapur. Tapi percuma, didapur gue nggak bisa nemuin dosen-dosen gue. Langsung gue ke toilet. Cuci muka. Gosok gigi. Lalu duduk bengong dipinggir kakus, semacem orang kesepian yang butuh pelukan. Begitu terus setiap hari. 


Padahal kalo seandainya dosen-dosen gue lagi pada kumpul di dapur nyokap gue, gue pasti nanya ke mereka: "Bu.. Pa.. dosen kenapa sih kalo mau semesteran tugas kuliah numpuk semua, tugas-tugas itu jadi persyaratan untuk semesteran, tugas-tugas itu jadi beban, tugas-tugas itu pula yang susah untuk ngebuat mahasiswa senyum ketika ngelihat tanggal dan jadwal semesteran yang makin dekat. Apa ini yang dinamakan benar-benar jadi anak kampus?"

Tapi itu semua percuma. Gue cuma bisa duduk bengong dipinggir kakus. Kadang duduk sok asik dipinggir kakus. Sampe-sampe ngeshuffle dance di atas kakus, saking tertekannya sama tugas kuliah dan deadline sesuatu. Beberapa jam gue shuffle dance disana, ternyata capek juga. Bikin pegel. Bikin haus. Bikin laper. Untung nggak ada kuning-kuning yang ngambang di dalem kakus. Gue duduk bengong (lagi) dipinggir kakus. Beberapa jam kemudian gue kepiran sama blog.
Gue berusaha ngelupain dunia nyata gue. Pengen fokus ke dunia maya. Tapi percuma. Otak gue emang bener-bener butuh refreshing ke udara yang seger. Jauh dari tugas-tugas kuliah. Jauh dari pusat keramaian kota Jakarta. Tapi nggak mau jauh dari kamuuuuu yang baca ini. Ya bener puncak! Niatnya weekend kemaren pengen kepuncak buat refreshing. Tapi karena cuaca yang nggak mendukung. Gue udah usaha sendiri buat ngehibur diri dengan cara nonton film sebanyak-banyaknya di sabtu malam.


Lagi-lagi itu semua percuma! Tetep bikin gue nggak mood buat ngurus blog. Gue udah nggak tau mau ngapain lagi. Mau ngerjain tugas kampus malah empet banget, nggak nafsu. Mau pacaran tapi bingung sama siapa. Huuum yaudalah tidur! Gue tidur karena gue ngantuk. Gue ngelupain kejadian seminggu kemarin. Coba ngerefresh otak dengan cara tidur disabtu malam pada pukul 21:30.


Nyokap Gue Monster (mimpi)!
Matahari bersinar. Burung-burung unyu pun bernyanyi. Burung gue nggak mau kalah. Ikutan bangun. Dan ikutan berjoget. Nggak tau kenapa tiba-tiba ada sejenis monster yang nggak serem sama sekali, ya bener monsternya semacem badut sulap. Tiba-tiba ngerusak suasana merdu, damai akan kicauan burung-burung unyu yang sedang bernyanyi. Ternyata itu mimpi. Dan ternyata yang jadi monster itu nyokap gue, yang coba ngebangunin anaknya di hari minggu pagi.


Tumben-tumbennya minggu pagi udah disuruh mandi. Nggak taunya ada acara karnaval santunan anak yatim piatu yang diadain sama om gue dengan para sahabat kerjanya. Gue bangun pelan-pelan, coba untuk berdiri. Berhasil berdiri langsung shuffle dance ke arah kamar mandi buat mandi. Cara olahraga yang agak gaul sebelom mandi.


Senyum Kalian Adalah Kebahagian Kita
Sampe ditempat. Temen-temen, adek-adek dan juga sebagian saudara-saudara kita udah pada kumpul buat ikut karnaval dalam acara santunan yatim piatu. Ada sekitar 8 mobil hias yang ngiringin mereka. Mereka sibuk tersenyum dan tertawa seakan nggak ada beban dalam pikirannya. Dari mulai yang usianya 10 bulan sampai 12 tahun kumpul semua. Senyuman, canda dan tawa semuanya serempak sama. Wajahnya bersinar karena senyumannya.


Acaranya cuma muter-muter kawasan Kebun Raya Samarinda, lalu makan bersama dan acara akhir pembagian sedikit sedekah untuk temen-temen, adek-adek dan sebagian sodara-sodara kita yang membutuhkan. Raut muka bahagia dan cahaya surga semakin tampak terlihat.
"Indahnya berbagi dalam kebersamaan dan kasih sayang."


Gue suka banget ngeliat macem-macem senyum mereka. Bagi gue senyum mereka itu adalah hal yang terindah yang ada di dunia ini. Seriusan! Gue beneran seneng banget ngeliat mereka semua tersenyum. Walaupun salah satu dari orang tua mereka udah ada yang meninggalkannya ataupun kedua orang tuanya sudah tidak ada. Mereka tetep tersenyum. Karena mereka percaya orang yang dicintainya itu nggak akan pernah pergi dan tetap utuh ada didalam hatinya :')
Nggak perlu jauh-jauh ke Pantai Balikpapan. Kejadian minggu pagi ini udah cukup ngebuat gue ngerasa fresh lagi. Gue juga bakalan tetep adil bagi waktu gue buat posting disini. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.